Minggu, 11 Maret 2012

Rumah Pintar dari Warga untuk Pendidikan

Kepedulian sosial warga RW 8 kelurahan Palebon Semarang, soal pendidikan merupakan kesadaran yang wajib dimiliki oleh setiap individu bangsa. Rumah Pintar Melati adalah salah satu wujud kepedulian tersebut. Rumah pintar berdiri  tanggal 11 oktober 2011 di resmikan Ketua Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu(SIKIB) dengan misi “Mewujudkan Masyarakat yang Sejahtera melalui Pengetahuan dan Keterampilan”.

Anak merupakan harapan setiap orang tua dan bangsa di masa datang , setiap orang tua pasti berharap anaknya meraih kesuksesan dan dapat berguna bagi keluarga, agama dan bangsa. Kesuksesan anak akan tercapai jika ditunjang dengan pendidikan yang baik, bagi keluarga yang mampu, hal ini bukan masalah yang berat karena mereka pasti sudah mempersiapkan pendidikan untuk anak-anaknya, mulai dari pendidikan usia dini sampai jenjang pendidikan paling tinggi atau universitas. Akan tetapi untuk keluarga yang kurang mampu akankah mereka tidak boleh mempunyai harapan yang sama untuk anak-anak mereka??
Hal inilah yang melatar belakangi berdirinya Rumah Pintar, selain itu pentingnya pendidikan anak usia dini juga ikut mengambil peran besar dalam proses berdirinya Rumah Pintar karena masa usia dini merupakan periode emas, dimana anak akan mengalami perkembangan dan mengenali bermacam-macam fakta di lingkungannya sebagai stimulus terhadap perkembangan kepribadian, psikomotor, kognitif maupun sosialnya.
Rumah Pintar Melati memiliki beberapa sentra kegiatan seperti sentra kriya, bermain, komputer, audiovisual, buku, dan sentra religi. Dan untuk anak usia dini usia 0-7 tahun sentra bermain merupakan sentra yang lebih difokuskan, kegiatannya memberikan pelayanan dan fasilitas kegiatan pos PAUD setiap sabtu sore anak-anak diajarkan tentang tata susila, pengetahuan sederhana, bersosialisasi dan memecahkan masalah  dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Fasilitas yang diberikan berupa ruang bermain yang edukatif, buku-buku pengetahuan yang menarik bagi anak serta taman lalu lintas  yang dapat melengkapi pengetahuan anak tentang tata susila berkendaraan. pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang sangat mendasar dan strategis dalam membangun sumber daya manusia.     
   
Selain itu Rumah Pintar juga mempunyai program sentra kriya untuk ibu-ibu rumah tangga untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan,serta membantu masyarakat dalam bidang teknologi sentra belajar komputer ini untuk semua usia agar masyarakat Palebon Semarang maju dalam bidang teknologi. Rumah Pintar ini sengaja dibangun untuk meningkatkan pendidikan dan kesejahteraan seluruh masyarakat. Hal ini tentunya patut dicontoh oleh warga daerah lain agar dapat memajukan  masyarakat disekitarnya dan bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar