Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SDN Bener Salah 2
Hari / Tanggal :
Selasa, 13 Maret 2012
Kelas / Semester :
V / II
Bab / Materi :
IV / Keputusan Bersama
Mata Pelajaran :
PKn
Alokasi waktu :
1 x 35 menit
I. STANDAR KOMPETENSI
4. Menghargai keputusan bersama
II. KOMPETENSI DASAR
4.2 Memahami keputusan bersama
III. INDIKATOR
·
Dapat mengharagai
keputusan bersama dengan cara musyawarah.
·
Menjelaskan definisi
dan bentuk-bentuk keputusan bersama.
IV. TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Melalui
kegiatan diskusi dengan bimbingan guru siswa dapat menghargai keputusan bersama
yaitu dengan cara musyawarah.
·
Melalui
penjelasan dari guru siswa dapat menjelaskan definisi bentuk-bentuk keputusan
bersama.
V.
MATERI
PEMBELAJARAN
·
Keputusan bersama
VI.
METODE
PEMBELAJARAN
·
Ceramah
·
Diskusi
kelompok
·
Pemberian
tugas
VII. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
A.
Kegiatan Awal (5 menit )
1. Salam
2. Doa pembuka
3. Pengkondisian kelas
4. Absensi
5. Menyiapkan media pembelajaran
B.
Kegiatan Inti (25 menit)
1. Eksplorasi
-
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
-
Memberikan
pengantar tentang materi yang akan dibahas
2. Elaborasi
-
Guru
membagi siswa dalam kelompok, lalu siswa berdiskusi untuk menyelesaikan masalah
yang sudah diberikan oleh guru. Dan dipresentasikan di depan kelas
-
Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang definisi dan bentuk-bentuk keputusan
bersama.
-
Siswa
mengerjakan tugas.
3. Konfirmasi
-
Siswa
yang kurang berhasil dimotovasi oleh guru.
-
Tanya
jawab tentang materi yang belum dipahami siswa
C.
Penutup ( 5 menit )
1. Siswa dan guru membuat kesimpulan.
2. Berdoa untuk mengakhiri pelajaran
3. Salam
D.
Karakter yang diharapkan
1. Jujur
2. Disiplin
3. Rasa ingin tahu
4. Menghargai prestasi
5. Kreatif
6. Bertanggung jawab
VIII. MEDIA
DAN SUMBER BELAJAR
A.
Sumber Belajar
BSE PKn SD Kelas V
Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional
Tahun 2008
IX. PENILAIAN
/ EVALUASI
Indikator
pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
- Mengharagai keputusan bersama
dengan cara musyawarah.
|
pengamatan
|
diskusi
kelompok
|
Siswa dibagi menjadi
4 kelompok, dan masing-masing kelompok mendiskusikan soal di bawah ini!
1. Buatlah
keputusan tentang tata tertib kelas!
2. Buatlah
keputusan tentang tata tertib di
perpustakaan!
|
- Pemahaman konsep materi hidup rukun
|
tertulis
|
isian
|
3. hidup rukun
membuat suasana menjadi . . .
4. di sekolah
anak harus hormat kepada . . .
|
Salatiga,
13 Maret 2012
Kepala SDN
Bener Salah 2 Guru
KelasV
Wahyu
Setyarini, S.Pd Hanna
Aprilisa, S.Pd
KISI-KISI SOAL TES PEMAHAMAN MATEMATIS
Satuan Pendidikan :
SD
Kelas/Semester :
Mata Pelajaran :
PKn
Materi Pokok :Hidup
rukun
Standar Kompetensi :
4. Menghargai keputusan bersama
Kompetensi Dasar
|
Indikator soal
|
Jenis Soal
|
Ranah Kognitif
|
Nomor Soal
|
4.2 Memahami keputusan bersama
|
-1. Buatlah
keputusan tentang tata tertib kelas!
2. Buatlah
keputusan tentang tata tertib di
perpustakaan!
3. Buatlah
keputusan tentang rencana kunjungan
belajar!
4. Buatlah
keputusan tentang kegiatan pramuka!
1. Keputusan
adalah ....
2. Beda
keputusan pribadi dengan keputusan bersama adalah ....
3. Dua contoh
keputusan pribadi adalah ....
4. Dua contoh
keputusan bersama adalah ....
5.
Tiga hal yang harus ada di dalam musyawarah adalah ....
|
Disusi
kelompok
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
|
C2
C1
C2
C1
C1
C2
|
1
2
3
4
5
|
Lembar Kerja
Siswa
Siswa
dibagi menjadi 4 kelompok, dan masing-masing kelompok mendiskusikan soal di
bawah ini!
1.
Buatlah keputusan tentang tata tertib kelas!
2.
Buatlah keputusan tentang tata tertib di
perpustakaan!
3.
Buatlah keputusan tentang rencana kunjungan
belajar!
4.
Buatlah keputusan tentang kegiatan pramuka!
Tes Tertulis
1.
Keputusan adalah ....
2.
Beda keputusan pribadi dengan keputusan bersama adalah ....
3.
Dua contoh keputusan pribadi adalah ....
4.
Dua contoh keputusan bersama adalah ....
5.
Tiga hal yang harus ada di dalam musyawarah adalah ....
JAWABAN SOAL DAN PEDOMAN PENILAIAN
Mata
Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Keputusan bersama
Waktu : 10 menit
Diskusi kelompok :
Jawaban
diskusi kelompok akan dipresentasikan di depan menurut masinng-masing pendapat
siswa dalam kelompok.
Penilaiannya
melalui pengamatan saat siswa mengerjakan tugas secara kelompok.
Tes Tertulis :
1.
keputusan yang melibatkan semua orang yang berkepentingan.
2. keputusan pribadi adalah keputusan yang
menyangkut diri sendiri.
Keputusan bersama adalah keputusan yang
menyangkut orang banyak
3.
– memilih sekolah
- memilih presiden
4.
– pembagian jadwal piket
- pemilihan ketua kelas
5.
– kebersamaan
- persamaan hak
- kebebasan mengemukakan pendapat
Nilai
benar x 20
MATERI
AJAR
Keputusan bersama.
Dapat mengharagai keputusan
bersama.
Nilai yang harus dilakuan saat
melakukan musyawarah :
·
Kebersamaan
·
Persamaan hak
·
Kebebasan mengemukakan
pendapat
·
Penghargaan terhadap
pendapat orang lain
·
Pelaksanaa hasil
keputusan secara bertanggung jawab
Bentuk-bentuk keputusan bersama :
1.
Musyawarah untuk
keputusan bersama
Musyawarah untuk mufakat adalah bentuk
pengambilan keputusan
bersama yang mengedepankan kebersamaan.
2. Voting
( pemungutan suara )
Sebelum voting dilaksanakan, perlu
diperhatikan beberapa
hal berikut.
1. Voting ditempuh setelah cara
musyawarah untuk mufakat sudah dilaksanakan
2. Voting dilakukan karena
ketidakmungkinan menempuh musyawarah
untuk mufakat lagi. Ketidakmungkinan ini
disebabkan munculnya beragam
pendapat yang bertentangan. Pertentangan
inilah yang mencegah pencapaian kata mufakat.
3. Voting dilakukan karena sempitnya
waktu, sementara keputusan harus
segera diambil.
4. Voting dilakukan setelah semua
peserta musyawarah mempelajari setiap pendapat yang ada.
5. Voting dilakukan jika peserta
musyawarah hadir mencapai kuorum.
6. Voting dianggap sah sebagai keputusan
jika separuh lebih peserta yang
hadir
menyetujuinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar